LINDUNGI SMARTPHONE ANDA DARI KERUSAKAN 2017

LINDUNGI SMARTPHONE ANDA DARI KERUSAKAN 2017


Di era globalisasi seperti ini banyak orang-orang yang menggunakan smartphone baik dari kalangan bawah ataupun dari kalangan menengah ke atas. Pengguna smartphone tidak memandang usia baik di usia yang masih kecil atau bisa disebut usia dini juga ada yang tua. Akan tetapi janganlah memandang kehebatan smartphone saja karena orang IT zaman dahulu berkata no system is safe(tidak ada sistem yang aman). Dalam artian kita sebagai pengguna smartphone jangan lalai untuk merawat smartphone kita agar terhindar dari kerusakan internal maupun externaal.

Kerusakan internal biasanya disebabkan oleh kegagalan atau melemahnya sistem kerja perangkat lunak yang terdapat di dalam smartphone. Dikarenakan kita sendiri yang tidak merawat kesehatan smartphone kita.


Sebab-sebab yang mempengaruhi kerusakan internal yaitu:

  1. Selalu memaksakan kehendak kita yang terus menggunakan smartphone kita walaupun di saat overload pada smartphone. Juga bisa disebut memaksa sistem kerja RAM kita untuk pekerjaan yang berat di dalam smartphone kita.
  2. Menggunakan smartphone atau memainkannya saat kita sedang men-changer smartphone kita. Sebaiknya jika kita men-changer smartphone ke arus sumber AC sebisa mungkin jangan gunakan smartphone itu jika dalam keadaan di cas ke arus AC. Di samping merusak kesehatan tubuh kita sendiri juga merusak kesehatan smartphone kita. Dikarenakan jika kalian menggunakan  smartphone kita disaat sedang dalam keadaan changer ke AC. Maka voltase dalam komponen yang bekerja untuk changer smartphone akan selalu turun-naik. Dikarenakan di samping si baterai smartphone kita menerima suplay daya atau voltage. Baterai kita juga mengeluarkan suplay dayanya untuk kepentingan smartphone agar tetap hidup. Dalam artian output dan input baterai kita akan terus-terusan digunakan dan akan mempercepat masa daya tahan baterai juga komponen yang ada di dalam smartphone.


Sebab-sebab yang mempengaruhi kerusakan eksternal yaitu:

  1. Lalai dalam memegang smartphone. Dalam artian selalu tidak sengaja menjatuhkan smartphone kita.
  2. Jika kalian searching, download di Google janganlah macam-macam. Contohnya kalian ingin men searching apa-apa di google. Apabila kalian menemui iklan mencurigakan seperti "selamat kalian mendapatkan hadiah smartphone". Bisa jadi itu cuma tipuan seorang hacker saja.
  3. Faktor eksternal lainnya ada di sosmed (sosial media). Tempat bertukar informasi dan pendapat ataupun menghubungi sesama teman. Jangan kalian download apk atau klik link jika link tersebut di sebar di medsos karena bisa jadi link atau apk tersebut tempat dari malwere tersebut.


Jika kalian merasa atau menemukan masalah seperti itu di smartphone kalian mungkin beberapa pencegahan di bawah ini akan bermanfaat bagi kalian.


Dimulai dari pencegahan faktor internal yaitu:

  • Janganlah paksa smartphone kalian melakukan aktivitas di luar kemampuan smartphone kalian.
  • Jangan membuka segel smartphone kalian ataupun meng-oprek bagian dalam komponen smartphone kalian.
  • Sebisa mungkin jangan menggunakan smartphone kalian di saat dalam keadaan changer.



Pencegahan dari faktor eksternal antara lain.

  • Sebisa mungkin hindarkan smartphone kalian dari benturan yang tidak diinginkan.
  • Jangan percaya atau mendownload file yang tidak jelas di google.
  • Jangan terima atau percaya pada teman yang tidak di kenal melalui sesmed. Dan jika mereka menunjukkan sebuah link ataupun kita disuruh untuk mendownload file tersebut. Jangan dilakukan.


CATATAN: Jika kalian menggunakan internet kalian harus berhati-hati dan selalu terus hindari cybercrime atau bisa juga disebut kejahatan internet. Jika kalian ingin menanyakan sesuatu silahkan berkomentar di bawah. Terima Kasih :)

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "LINDUNGI SMARTPHONE ANDA DARI KERUSAKAN 2017"